Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Saturday, 11 August 2018

Contoh Diskusi Teks tentang "Tenaga Nuklir"

Keuntungan dan Kerugian Tenaga Nuklir
Tenaga nuklir dihasilkan dengan menggunakan uranium yang merupakan logam yang ditambang di berbagai belahan dunia. Pembangkit listrik tenaga nuklir skala besar pertama dibuka di Calder Hall di Cumbria, Inggris pada tahun 1956. 
Beberapa kapal militer dan kapal selam memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir untuk mesin. Tenaga nuklir menghasilkan sekitar 11% dari energi dunia yang dibutuhkan, dan menghasilkan energi dalam jumlah besar. Itu tidak menyebabkan polusi seperti yang kita dapatkan ketika membakar bahan bakar fosil. Keuntungan dari pembangkit nuklir adalah sebagai berikut:
  • Biayanya sekitar batu bara yang sama, sehingga tidak terlalu luas untuk dibuat.
  • Itu tidak menghasilkan asap atau karbon dioksida, sehingga tidak berkontribusi pada efek rumah kaca.
  • Ini menghasilkan sejumlah besar energi dari sejumlah kecil uranium.
  • Ini menghasilkan sedikit limbah.
  • Itu bisa diandalkan.
Di sisi lain, tenaga nuklir sangat, sangat berbahaya. Itu harus disegel dan dikubur selama bertahun-tahun untuk memungkinkan radioaktivitas mati. Lebih jauh lagi, meskipun dapat diandalkan, banyak uang harus dihabiskan untuk keselamatan karena jika itu salah, kecelakaan nuklir adalah kecelakaan besar. 
Orang semakin khawatir tentang masalah ini. Pada tahun 1990-an, tenaga nuklir adalah sumber kekuatan yang tumbuh paling cepat di banyak bagian dunia.

Catatan tentang Struktur Umum dari Teks Diskusi
Diskusi adalah proses untuk menemukan titik temu antara dua ide yang berbeda. Penting untuk mendapatkan pemahaman di antara dua perbedaan itu. Dalam banyak kegiatan sosial, diskusi adalah cara efektif untuk menenangkan friksi dan perbedaan dalam pemikiran, persepsi, dan rekomendasi. 
Contoh teks diskusi ini menyajikan dua kutub, antara keuntungan dan kerugian menggunakan pembangkit nuklir untuk memenuhi energi yang dibutuhkan. Ini adalah kasus yang perlu dibicarakan dan didiskusikan dari dua poin. Mereka diwakili dalam struktur generik yang digunakan: 
Menyatakan Masalah : Dalam paragraf pertama, dinyatakan bahwa menggunakan tenaga nuklir dapat menjadi pilihan dalam memenuhi energi yang dibutuhkan. 
Titik Pendukung: Pada paragraf kedua, disajikan keuntungan dari pembangkit listrik tenaga nuklir untuk digunakan sebagai sumber energi dunia yang dibutuhkan. 
Titik Kontrasif : Paragraf ketiga menunjukkan keseimbangan. Ini memberikan ide yang kontradiktif dalam menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir sebagai sumber energi. 
Rekomendasi : Teks ini diakhiri dengan rekomendasi serupa tentang bagaimana orang harus peduli dalam masalah energi nuklir.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages