Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Saturday, 25 August 2018

Hal Yang Dinilai Saat Wawancara Kerja Oleh HRD

Hal yang Dinilai Saat Wawancara Kerja
Mencari pekerjaan terbaik dan sesuai dengan passion sangat penting karena kita menghabiskan setidaknya 9 jam sehari untuk melakukan pekerjaan. Belum lagi ditambah dengan perjalanan dari dan ke tempat kerja, bagi Anda pekerja kantoran. Untuk itu pekerjaan yang kita lakukan harus menyenangkan agar segala tekanan yang dihadapi akan berubah menjadi tantangan yang seru untuk dijalani. Apakah Anda berencana mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan passion Anda?
Ada beberapa tahapan yang harus Anda jalani, diantaranya membuat CV yang menarik bagi perusahaan, proses wawancara, dan menunjukkan kemampuan Anda saat tes wawancara kerja. Banyak artikel yang membahas tentang pembuatan CV, sebenarnya Anda hanya membutuhkan sebuah CV sederhana maksimal 2 halaman dengan isi yang jelas, lengkap dan padat dengan informasi terbaru dari Anda.
Beberapa hal sangat menentukan saat wawancara, beberapa pelamar gagal dalam proses wawancara karena beberapa kesalahan yang tanpa sengaja dilakukan. Lalu apa saja yang menjadi penilaian bagi HRD saat wawancara kerja? Simak selengkapnya.

Berikut 7 hal yang dinilai saat wawancara kerja

1. Kompetensi

Kompetensi dilihat dari pendidikan yang ditempuh, pengalaman kerja jika ada dan skill yang dimiliki. Apakah latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja telah sesuai dengan kualifikasi yang menjadi persyaratan? Jika ya, maka kesempatan Anda akan lebih terbuka.

2. Karakter

Karakter seseorang sangat menentukan apakah seseorang layak diterima ke dalam sebuah perusahaan atau tidak. Untuk karakter dan kepribadian ini, penilaian akan dilakukan sesuai dengan posisi yang diinginkann.

3. Attitude

Saat melakukan wawancara, sikap sopan dan ramah juga menjadi penilaian tersendiri. Setiap pewawancara akan melihat setiap gerak gerik yang Anda lakukan, oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menjaga perilaku Anda dan terbuka untuk semua kemungkinan. Jangan pernah lupakan poin ini dalam list hal yang dinilai saat wawancara kerja.

4. Grooming

Kesan pertama saat bertemu dengan orang baru pasti berawal dari penampilan. Untuk itu gunakan pakaian yang pantas dan rapi agar terlihat lebih profesional. Dengan penampilan yang profesional, maka penilaian terhadap diri Anda akan meningkat dengan sendirinya.

5. Komunikasi

Saat berbicara dengan pewawancara, perhatikan gaya bicara Anda. Intonasi dan volume suara juga harus jelas dan yakin dengan apa yang Anda katakan. Bagi seorang pewawancara, cara berkomunikasi sesorang bisa menunjukkan karakter seseorang juga, sehingga pastikan cara komunikasi Anda harus jelas dan tegas.

6. Experience

Jika Anda pernah memiliki pengalaman sebelumnya, ceritakan tentang pekerjaan Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Jika pengalaman kerja sesuai kualifikasi yang diharapkan user, maka kesempatan Anda untuk diterima kerja akan terbuka lebih lebar.

7. Antusiasme

Pembawaan Anda saat wawancara kerja dapat menunjukkan ketertarikan Anda terhadap perusahaan serta posisi yang Anda harapkan. Dengan antusiasme yang tinggi ditambah dengan pengetahuan tentang perusahaan, akan memberikan nilai lebih mengapa pewawancara harus memilih Anda dibandingkan dengan kandidat lain.

Tips & tricks:

  • Sebagai pewawancara, penampilan akan menjadi kesan pertama saat pewawancara bertemu dengan Anda. Hadirlah dengan penampilan yang segar, ramah, dalam kondisi sehat mental dan jasmani, tidak bau badan, tidak bau mulut serta tidak bau rokok.
  • Kenakan pakaian yang bersih dan rapi dengan warna serasi antara atasan dan bawahan. Hindari warna pakaian yang mencolok.
  • Untuk wanita, disarankan untuk hadir dengan penampilan profesional dan tidak make up berlebihan.
Kini Anda sudah mengetahui hal-hal yang dinilai saat wawancara kerja.
Semoga sukses!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages