Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Saturday, 18 August 2018

Tips Meningkatkan Klik Iklan Adsense Secara Syah dan Aman


Halo sobat klikmania, gimana kabarnya nih? Semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semua. Ada banyak blog yang memiliki trafik yang cukup memadai, namun mereka tidak bisa menghasilkan klik yang melimpah. Sehingga penghasilan yang didapat pun akan kecil. Pada saat ini, saya ingin membahas mengenai tips meningkatkan klik iklan adsense secara syah.
Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kenapa klik adsense sedikit, diantaranya yaitu
Target salah
Materi iklan tidak menarik
Ketertarikan pengunjung rendah
Niche blog tidak spesifik
Tidak relevan
Penempatan iklan yang tidak baik
Ukuran iklan yang kurang pas
Dan masih banyak lagi
meningkatkan klik iklan adsense
Dokumentasi Klik Mania
Hal itu bisa mengakibatkan beberapa hal yang berkaitan dengan klik iklan. Misalnya dengan target yang tidak sesuai maka tidak akan mengakibatkan terjadinya klik. Contohnya kalau ada iklan tentang sepatu kantoran atau sepatu kerja dewasa, nah hal itu tidak akan diklik apabila pengunjung blog targetnya adalah anak sekolahan bukan?
Misalnya lagi yaitu kalau anda menggunakan blog gado-gado, maka akan lebih sedikit terjadi klik daripada blog spesifik. Hal ini karena blog gado-gado akan mendapatkan pengunjung yang gado-gado juga. Jadi mereka memiliki ketertarikan yang berbeda.
Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengubah itu semua. Penyebab-penyebab diatas bisa anda hindari dengan menggunakan beberapa tips berikut ini. Silakan simak pembahasannya.

Tips meningkatkan klik iklan adsense secara syah

Walaupun penghasilan akhir itu diakibatkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan CPC, syah atau tidaknya dan sebagainya. Tetapi dengan peningkatan klik adsense maka akan membuat penghasilan anda semakin bertambah.
Beberapa hal dibawah ini akan berpengaruh pada hasil dan jumlah klik serta pendapatan anda sebagai publisher Adsense.

1. Gunakan template yang responsive

meningkatkan klik iklan adsense
Dengan menggunakan template responsive maka akan ada banyak keuntungan, termasuk dapat meningkatkan klik iklan adsense secara syah. Perlu anda tahu, bahwa pengguna smartphone tahun 2015 lalu Indonesia adalah yang terbesar menurut laporan google. Apabila anda tidak memanfaatkan hal ini dengan baik, maka tidak bisa mengambil peluang namanya.
Dengan menggunakan template yang responsive, maka bisa lebih mudah menyesuaikan dengan berbagai perangkat. Salah satunya di perangkat layar smartphone. Jadi pengunjung bisa melihat iklan secara utuh tanpa terpotong. Ini akan berpeluang meningkatkan klik iklan adsense apabila mereka tertarik dengan iklan tersebut.
Ada yang berkata bahwa dengan menggunakan template responsive nilai klik akan kecil. Itu bisa saja terjadi, namun tetap ada juga yang besar nilainya. Klik iklan yang kecil akan lebih mendominasi, maka dari itu banyak yang tidak merekomendasikan untuk menggunakan ukuran iklan jenis ini.
Google adsense sendiri selalu memperingatkan saya melalui email dan di tab pengoptimalan saat tidak menggunakan ukuran iklan responsive. Dia memerintahkan kita untuk mengganti dengan ukuran responsive, agar bisa meningkatkan penghasilan hingga 30%.
Dengan menggunakan iklan jenis ini bisa berpeluang meningkatkan klik iklan adsense. Namun karena sekarang ada googleweblight, maka iklan apapun juga akan ditransform menjadi iklan reponesive. Untuk mengetahui apa itu googleweblight dan bagaimana cara mengatasinya, silakan simak penjelasannya pada artikel berikuti ini : Tips meningkatkan penghasilan adsense di era googleweblight.

2. Percepat loading blog

Masalah kecepatan loading (pemuatan) blog juga perlu untuk diperhatikan. Karena bagaimanapun juga loading blog yang cepat dapat meningkatkan klik iklan adsense. Anda tahu bahwa kecepatan loading blog adalah hal yang harus diprioritaskan. Karena disitulah kenyamanan pengunjung berada.
Jadi hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara membuat tampilan blog anda secepat mungkin. Jangan menggunakan widget yang bisa mempengaruhi blog. Selain itu dari pihak hosting juga perlu diperhatikan, jangan sampai pengunjung anda kabur gara-gara hostingnya lambat.
Yang perlu anda perhatikan juga adalah kecepatan antara iklan adsense dengan laman blog anda sama. Jadi dengan keduanya tampil bersamaan, maka saat pengunjung membaca artikel, pengunjung juga melihat iklan adsense tampil.
Anda bisa cek kecepatan situs melalui beberapa tools, bisa dari google speed insight,GT metrix dan sebagainya. Silakan uji disana, nanti akan diberikan panduan untuk memperbaikinya. Anda bisa perbaiki sesuai petunjuk agar kecepatan semakin wuss.

3. Gunakan iklan responsive rectangle

Ini adalah penyempurnaan dari Poin nomor 1 diatas, karena ada yang bilang bahwa unit responsive itu CPC nya lebih kecil dan juga tidak bagus saat ditransfor di sambungan lambat (googleweblight).
Menggunakan iklan responsive jenis rectangle bisa anda lakukan dengan mudah. Hanya tinggal mengganti data ad format menjadi rectangle. Tetapi antara template satu blog dengan blog lain tidak cocok untuk menerapkan hal ini.
Alangkah baiknya menggunakan eksperimen terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah ini. Bisa mencoba selama seminggu atau dua minggu lalu lihat hasilnya. Kalau hasilnya kurang memuaskan atau justru turun penghasilannya, maka anda bisa menggunakan ukuran responsive saja tanpa mengubahnya ke bentuk rectangle.
Iklan ini cocoknya dipasang di dalam artikel dan juga di sidebar. Karena akan membentuk rectangle atau segi empat menyesuaikan dengan ukuran layar HP. Atau untuk tampilan dekstop biasanya akan menampilkan iklan 336 x 336 atau 300 x3 00 tergantung pada ketersediaan iklan.

4. Pilih topik untuk orang awam

Banyak yang menyarankan agar tidak membuat blog tentang blogging atau tema yang berhubungan dengan adsense dan internet marketing. Karena hal itu akan menyebabkan pengunjung tidak mau klik iklan. Namun selamanya hal ini tidak benar, mereka yang membahas seputar blog pun ada yang mendapatkan klik iklan yang memadai.
Untuk meningkatkan klik iklan adsense bisa membuat topik lain selain topik seperti tersebut diatas. Karena secara teori, mereka yang menggunakan topik yang mana pengunjungnya adalah orang awam (tidak mengenal adsense), maka berpotensi untuk iklik iklan.
Topik yang bisa anda pilih meliputi topik kesehatan, materi pelajaran sekolah, supranatural, lifestyle, tekno, agama dan sebagainya. Walaupun dari mereka ada yang mengetahuinya, namun secara umum banyak yang tidak mengetahuinya. Jadi kalau ada iklan yang dirasa pas dan cocok, maka pengunjung tersebut akan mengklik.
Berdasarkan pengalaman saya bahwa sebagian besar pengunjung yang tahu mengenai blog mereka tidak mau klik iklannya. Namun saat terjadi klik nilainya besar atau lebih besar dari klik pada blog lain. Karena nilai klik yang berasal dari unit iklan seperti hosting, domain dan sebagainya memiliki biaya per klik yang lumayan besar.
Jadi terserah menurut anda saja, mau buat blog tema apa saja, yang penting menghasilkan banyak trafik . Hal itu adalah sumber uang dan aset bagi anda sendiri.

5. Gunakan penempatan yang strategis

Penempatan iklan yang strategis merupakan hal yang berperan penting dalam meningkatkan klik iklan adsense secara syah. Penempatan strategis bukan berarti kita menempatkan iklan yang rawan sekali klik, misalnya dengan pop up dan sebagainya. Namun posisi iklan tidak mengganggu pengunjung tetapi terlihat jelas.
Lalu mana saja lokasi yang bisa ditempatkan untuk bisa meningkatkan klik iklan adsense?
meningkatkan klik iklan adsense
Sebenarnya ada beberapa tempat yang bisa anda tempatkan. Seperti yang sering diungkapkan dalam bantuan adsense, bahwa iklan yang berada di paruh laman atas adalah iklan yang terbaik. Karena disitu pengunjung akan melihat pertama kali dan bisa mengakibatkan banyak klik.
Namun jangan sampai saat di tampilan ponsel iklan menutupi keseluruhan laman atas. Karena hal itu akan melanggar pedoman adsense.
Selain di paruh laman atas, anda juga bisa menempatkan unit adsense di dalam artikel. Saya baca di beberapa blog bahwa memasang iklan di tengah artikel itu melanggar pedoman. Dulu saya tanyakan kepada bagian adsense perwakilan Indonesia (sekarang sudah ganti jabatan) yaitu Mba Crhystila sujudi, bahwa iklan di dalam artikel justru malah disarankan. Karena memang klik terbanyak itu berada di tengah artikel dan juga berada di akhir artikel.
Dengan penempatan iklan yang tepat seperti di atas, maka akan berpotensi meningkatkan klik iklan adsense. Jangan lupa untuk selalu membaca beberapa panduan ukuran iklan yang paling sukses dan paling potensial. Dari google adsense sendiri juga sudah membahas mengenai hal ini. Atau kalau sekiranya tidak cocok untuk blog anda, maka bisa berkesperimen sendiri.

6. Buat artikel yang panjang

Menurut beberapa eksperimen menunjukan bahwa dengan membuat artikel yang panjang dan enak dibaca akan mampu meningkakan klik adsense. Ada beberapa yang suka dengan artikel yang panjang dan ada juga yang tidak.
Berdasarkan info dari Panduan IM, bahwa dengan menulis artikel lebih dari 2000 kata akan mampu mengalahkan persaingan di SERP dengan mudah.
Hal itu tentunya juga membutuhkan waktu, ya antara 2 hingga 3 bulan. Berdasarkan studi kasus yang dilakukan di Panduan IM juga menyatakan bahwa artikel yang panjang dan mudah dipahami akan membuat posisinya semakin baik di SERP.
Dengan berbagai kata kunci dengan saingan yang sangat padat, dia mampu membuat artkelnya berada di 3 besar google. Karena itu mas Darmawan (owner Panduan IM) selalu menulis dengan artikel yang sangat panjang, bahkan kalau di pindah ke word akan mencapai 6 halaman lebih.
Banyak juga kelebihan dari artikel yang panjang, selain bisa tampil lebih baik di SERP, juga akan meningkatkan klik iklan adsense. Hal ini karena iklan benar-benar menyatu dengan konten. Selain itu, artikel panjang biasanya akan di bookmark terlebih dahulu. Sehingga dibaca dikemudian waktu saat senggang.
Jadi saat dibaca berulang-ulang akan mengakibatkan iklan sering di lihat dan lebih variatif. Jadi walaupun dari satu artikel saja bisa terjadi beberapa klik, karena dibaca berulang-ulang t. Apalagi kalau artikelnya berkualitas,
Hal itu juga akan menyebabkan klik iklan bisa terjadi berulang kali dari satu artikel kalau memang iklan menarik perhatian pengunjung.

7. Buat blog dengan 1 niche

Untuk poin satu ini maksudnya adalah dengan membuat blog dengan 1 topik. Jadi dikhusukan pada 1 niche blog saja. Tips ini memang sudah terbukti untuk meningkatkan klik iklan adsense. Karena bagaimanpun juga, iklan yang ditampilkan pada blog dengan 1 niche akan lebih relevan.
Sebenarnya ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapat dari memiliki blog dengan satu niche saja yaitu:
Pengunjung lebih tertarget
Lebih mudah dalam memonetisasi
Bisa berkembang lebih besar
Lebih disukai advertiser
Lebih baik di mesin pencari
Bisa membangun komunitas
Dan masih banyak lagi
Hal yang harus dilakukan untuk bisa meningkatkan klik iklan adsense adalah dengan cara membuat blog yang setopik. Jadi intinya jangan membuat blog gado-gado, karena hal itu akan sulit mendapatkan klik.
Kita tahu bahwa salah satu cara kerja dari iklan adsense adalah dengan penargetan berbasis minat. Hal ini akan membuat lebih relevan dan menarik perhatian pengunjung. Misanyal anda berkunjung ke blog yang membahas mengenai smartphone. Lalu anda menemukan iklan tentang smartphone, mungkin anda akan tertarik untuk mengkliknya bukan?
Namun apabila blog anda gado-gado, akan membingungkan bot adsense untuk menentukan iklan apa yang relevan di blog anda. Jadi bagaimanapun juga, menggunakan blog dengan satu topik akan lebih baik. Apalagi kalau blog itu temanya sesuai dengan hobi anda.
Ada banyak pilihan yang bisa dipilih sebagai topik blog. Misalnya kesehatan, teknologi, smartphone, rumah, lifestyle dan sebagainya. Yang penting anda menguasi topik itu lalu mengurusnya dengan sebaik mungkin.
Berdasarkan pengalaman ngeblog saya, bahwa blog dengan 1 topik akan mendapatkan klik 3-5 kali lebih banyak daripada blog multi topik dengan trafik yang sama. Jadi bangun blog anda dengan 1 topik.

8. Tingkatkan trafik blog

meningkatkan klik iklan adsense
Tidak bisa di elakkan lagi bahwa semakin banyak trafik maka akan semakin meningkatkan klik iklan adsense. Hal ini tentunya bisa anda lakukan dengan beberapa hal yang sangat kompleks. Ya betul, karena untuk meningkatkan trafik blog adalah hal yang tak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan tanpa usaha.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik blog, ada cara yang gratis dan ada yang berbayar. Cara yang gratis menurut saya adalah pengoptimalan pada konten. Udah itu saja. Dengan semakin memiiliki banyak konten maka akan semakin banyak.
Penguasaan SEO juga bisa anda tingkatkan, karena bagaimanapun SE (Search Engine) akan menopang sebagian besar sumber trafik. SE adalah sumber trafik yang gratis dan mampubertahan lama. Berbeda dengan anda menggunakan jasa iklan. Selain bayar juga sebentar saja.
Bagaimanapun juga kalau anda menggunakan trafik yang berbayar sesuatu yang instant dan pasti. Dan juga bisa menjadikan blog lebih terkenal oleh masyarakat luas. Jadi trafik bisa didapat darimanapun, yang penting bisa meningkatkan klik iklan adsense. Dan hasil akhirnya adalah earning yang lebih banyak.

9. Pemilihan warna iklan yang tepat

meningkatkan klik iklan adsense
Optimasi pada unit iklan itu juga bagian penting dalam meningkatkan klik iklan adsense. Dengan memilih warna yang tepat dan perpaduan yang tepat juga akan menjadi faktor dalam terjadinya klik. Karena secara psikologis, seseorang itu lebih tertarik pada warna yang terpadu dan kalem. Namun ada juga yang menyukai warna yang kontras dan glamour.
Dengan memilih warna yang tepat dengan mengacu pada template blog adalah hal yang perlu anda perhatikan. Misalnya kalau warna template blog anda putih, maka gunakan saja warna putih untuk background iklan. Atau kalau background template hitam, maka gunakan saja warna hitam. Hal ini ditujukan agar keduanya terlihat serasi.
meningkatkan klik iklan adsense
Karena menurut perpaduan iklan yang sukses adalah warna yang serasi bukan warna kontras. Selain itu, menyamakan link pada template dengan link pada iklan juga perlu diperhatikan. Menurut beberapa sumber, bahwa blog dengan warna link biru adalah yang paling sukses. Karena mata kebanyakan orang sudah akrab dengan warna tersebut, seperti di google, facebook, yahoo dan sebagainya.
Jadi misal menggunakan warna yang mencolok semacam warna merah, maka hal itu bisa menimbulkan kecurigaan pada pengunjung. Jadi gunakan warna yang umum dan menyesuaikan dengan warna template anda ya.

10. Buat pengunjung senyaman mungkin

Membuat pengunjung merasakan kenyamanan saat mengunjungi blog anda adalah hal yang perlu diutamakan. Sudah banyak artikel yang membahas mengenai hal ini. Yaitu bagaimana langkah-langkah dalam menciptakan kenyamanan saat pengunjung browsing di blog kita.
Beberapa cara yang sudah saya sebutkan diatas juga merupakan upaya untuk membuat pengunjung betah dan nyaman. Jadi anda bisa menggunakan tampilan yang responsif, ukuran huruf yang tidak terlalu kecil, warna template yang tidak bikin mata sakit, penggunaan iklan yang tidak mengganggu, situs yang cepat,widget yang teratur dan rapi, dan juga bahasa dan gaya penulisan yang enak dibaca.
Membuat pengunjung senyaman ini akan berguna untuk meningkatkan klik iklan adsense. Karena saat pengunjung nyaman akan menimbulkan rasa betah. Sehingga suka baca artikel lainnya, peluang untuk mengklik iklan juga semakin besar. Hal ini bisa anda lakukan dengan mulai dari tampilan dan kecepatan situs hingga konten yang ramah pengunjung.
Hal yang tak kalah penting dalam peran untuk membuat kenyamanan pengunjung adalah dari penulisan artikel itu sendiri. Jadi hal yang bisa anda lakukan dengan membuat artikel yang gampang dipahami dan tidak membingungkan.

11. Targetkan pengunjung dari SE

Mungkin SEO adalah hal yang sangat vital peranannnya bagi seorang blogger, karena bagaimanapun juga dengan SEO ini akan lebih tertarget pengunjungnya. Namun untuk menggaet trafik dari Search Engine seperti Google, Bing, Yahoo dan sebagainya tak semudah membalikan telapak tangan. Terlebih lagi bila mereka para saingannya itu banyak dan lebih baik dari kita.
Namun jika anda bisa mendapatkan trafik dari SE akan dapat meningkatkan klik iklan adsense. Karena pengunjung yang mengunjungi blog anda sudah tertarget sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Selain itu iklan yang berasal dari mesin pencari juga lebih relevan. Jadi akan menampilkan terhadap apa yang mereka cari dan mereka inginkan.
Hal ini karena google sendiri sebagai wadah dari semua informasi. Misalnya blog anda membahas mengenai sepatu, dan banyak yang mencari cari tentang sepatu. Dan blog anda menempati urutan posisi pertama di google, maka nantinya pengunjung akan mengunjungi blog anda. Dan iklan yang ditampilkan di blog anda pun mungkin lebih relevan seperti menampilkan tentang sepatu dan fashion lainnya.
Jadi untuk mendapatkan trafik yang tertarget, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mempelajari lebih lanjut tentang SEO. Karena google selalu berkembang dan berubah ke arah lebih rumit mengenai SEO.
Jadi selalu berkesperimen tentang SEO adalah hal yang bisa anda lakukan. Karena hal itu bisa bermanfaat untuk meningkatkan klik iklan adsense, sehingga earning blog anda pun akan naik.

12. Cekal iklan yang tidak relevan

meningkatkan klik iklan adsense
Hal ini juga penting untuk meningkatkan klik iklan adsense, karena dengan mencekal iklan yang tidak relevan maka iklan yang tampil lebih pas dengan blog kita. Misalnya saja ada blog tentang agama Islam, biasanya sering saya temui ada berbagai iklan tentang agama lain seperti pencarian jodoh kristiani, penyembuhan dari agama lain dan sebagainya.
Tentu hal tersebut sangat gak serasi, ya mungkin saja bot adsense mengaggapnya relevan karena masih dalam lingkup agama. Nah hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencekal iklan yang tidak relevan seperti iklan tersebut. Sehingga kemungkinan iklan relevan yang ditampilkan lebih tinggi, sehingga mendorong minat seseorang untuk mengklik iklan.
Perlu anda tahu, bahwa mencekal iklan itu bisa dari iklannya langsung dan dari situs. Kalau anda sudah tahu mengenai alamat situsnya, maka tuliskan saja pencekalan situs, maka iklan dari situs itu tidak akan tampil lagi. Namun kalau belum tahu nama situsnya apa, maka anda bisa mengunjungi pusat peninjauan iklan adsense.
Anda harus tahu mana iklan yang memang harus dicekal dan mana yang tidak. Jangan justru iklan yang memiliki profit besar malahan dicekal. Mungkin anda juga sering menemukan iklan yang berasal dari facebook, toko online maupun dari marketplace. Sebenarnya itu tidak perlu dicekal, karena kebanyakan mereka yang belum paham soal periklanan online justru ngeklik iklan, sehingga memberi keuntungan tersendiri bagi diri kita.
Pengalaman saya dulu waktu belum kenal dengan namanya blog adsense dan sebagainya, saya seringkali klik iklan adsense yang menampilkan facebook. Jadi ya saya buka facebook dari iklan itu, saat itu belum tahu kalau itu adalah jenis iklan. Jadi saat itu saya hanya tau tentang iklan itu cuma dari iklan TV dan iklan yang mengganggu di blog.
Intinya kalau mau mencekal iklan, maka cekal saja iklan yang sangat tidak relevan atau yang sangat bertentangan dengan blog kita sendiri. Misalnya seperti diatas. Jadi dengan memiliki iklan yang relevan maka setidaknya kita

13. Gunakan template dengan layout boxed

Layout boxed adalah layout yang berada didalam kotak. Misal anda buka dikomputer 1 memiliki lebar 1200 px, dibuka di komputer yang memiliki ukuran lalyar lebih kecil juga lebarnya tetap 1200 px. Jadi tidak full layar, jadi terlihat jelas antara background halaman dengan background dari luar box.
Banyak yang mempercayai bahwa ini adalah blog yang menggunakan themes boxed sangat berpengaruh. Hal ini karena pandangan mata pengunjung lebih fokus dalam isi artikel. Sehingga iklan pun akan lebih terlihat dan menonjol.
Ada banyak sekali template blogspot maupun themes wordpress yang memiliki bentuk boxed ini. Jadi anda tinggal menggunakannya saja yang gratis maupun membeli yang premium.
Mungkin cara ini bisa meningkatkan klik iklan adsense satu blog namun di blog lain tidak berpengaruh. Jadi alangkah baiknya anda bereksperimen terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa efektivitas hal ini terhadap blog anda.
Bagaimanpun juga masih banyak faktor lain yang mungkin lebih mendominasi blog sehingga klik iklan tidak mendapatkan CTR yang bagus.

14. Jangan terlalu banyak widget

Terlalu banyak widget ini selain bisa membuat loading menjadi lebih berat, juga bisa mempengaruhi klik iklan adsense anda. Apalagi menggunakan widget yang tidak penting, berwarna mencolok dan berukuran besar. Maka dari itu, hal yang bisa anda lakukan mulai dari saat ini adalah dengan mengurangi widget yang berat dan tak berguna.
Widget memang harus ada di dalam blog itu sendiri. Yang mana hal tersebut menjadi sebuah alat yang bisa digunakan untuk menambah kenyamanan pengunjung. Selain itu beberapa widget justru bisa meningkatkan klik iklan adsense.
Maka dari itu, anda harus bisa benar-benar memperhatikan mana widget yang memang diperlukan dan mana yang tidak.

15. Gunakan iklan peningkatan laman (page level ads)

meningkatkan klik iklan adsense
Ini bukanlah iklan jenis matched content, namun ini adalah iklan khusus mobile. Nah tujuan iklan ini dibuat adalah untuk meningkatkan klik iklan adsense yang berasal dari smartphone. Karena iklan ini hanya bisa tampil pada iklan yang berasal dari smartphone dengan koneksi yang baik.
Ya walapun ini iklan masih dalam uji coba pengembangan (beta), namun perlu dicoba. Karena saya lihat di beberapa blog yang membahas mengenai iklan peningkatan laman mobile (page-level ads) ini lebih memberikan dampak positif. Salah satunya adalah earning yang lebih banyak, bahkan bisa sampai 300% peningkatannya.
Ada dua versi dari iklan ini, yaitu ada jenis iklan hamparan dan iklan melayang dibagian bawah. Keduanya bisa diaktifkan bersamaan dengan hanya menggunakan 1 kode di blog. Dan yang penting, iklan ini tidak berjalan pada handphone yang memiliki spesifikasi rendah dan juga berada pada low speed connection.
Jadi keduanya ini bisa anda gunakan bersamaan. Ya kalo dibilang ini gak ada bedanya dengan iklan admob deh dari segi tampilan. Namun kalau dari segi penayangan ini sangat berbeda, karena kalau admob bisa refresh beberapa detik dengan pengaturan, dan selalu tampil di aplikasi saat online. Sedangkan iklan page-level ads tidak selalu tampil seperti admob, karena dimaksudkan agar tidak mengganggu pengunjung blog.
Saya sarankan jika blog sudah memenuhi persyaratan untuk memasang iklan page-level ads, maka segera pasang. Dan lihat hasilnya sampai 1 atau 2 minggu, buktikan saja apakah hal ini bisa meningkatkan klik iklan adsense ataukah tidak.

16. Letakan di tengah artikel

Meletakkan iklan di tengah artikel juga menjadi salah satu tips ampuh dalam rangka meningkatkan klik iklan adsense. Karena bagaimanapun juga, ini berkaitan erat sekali dengan klik pengunjung. Usahakan jangan memasang yang terlalu pendek, pasang saja yang ukuran lebar maksimal 300 pixel dan panjang kebawah minimal 280 px jangan lebih. Karena kebanyakan smartphone itu berada pada angka demikian.
Saat ini saya meletakan iklan ditengah artikel dengan ukuran 300 x 600 px, namun aman aman saja. Berbeda dengan meletakan iklan yang berada di area bawah judul itu malahan sering ditegur.
Kalau saya lebih suka menggunakan iklan yang berasal dari jenis teks saja. Karena hal itu saya kira lebih menyatu, asalkan warna dengan link blog kita itu sama. Jadi kalau dipasang di tengah artikel, itu akan membuat pengunjung mengira bahwa itu adalah artikel terkait.
Maka dari itu, saya mengajak kepada anda semua untuk mencoba menggunakan iklan jenis ini. Karena bisa jadi ini lebih baik untuk digunakan. Daripada memasangnya di sidebar lebih baik memasangnya di bagian tengah artikel saja.
Untuk memasang iklan di tengah artikel, maka anda bisa pelajari dengan mudah. Baik untuk wordpress maupun untuk blogspot saya kira itu akan sangat mudah.

17. Gunakan kombinasi iklan teks serta gambar

meningkatkan klik iklan adsense
Anda juga bisa menggunakan artikel yang berisikan teks dan gambar. Karena kedua hal ini bisa meningkatkan klik iklan adsense anda. Selain itu, dalam beberapa artikel remsi dari adsense tentang tips sukses iklan adsense, juga selalu merekomendasikan hal ini bukan?.
Kita tahu bahwa iklan adsense itu ditentukan dari pengiklan. Misalnya kalau si pengiklan itu banyak yang memilih iklan jenis teks maka kalau kita hanya pasang gambar saja (display only), maka kita akan kehilangan peluang.
Saat iklan jenis teks dan kombinasi diterapkan di blog saya dengan jenis repsonsive rectangle, maka hasil yang didapat naik. Namun kalau diterapkan pada ukuran 300×600 pixel, hasil yang didapat kurang bagus, lebih baik menggunakan teks only. Selain ditentukan berdasarkan ukuran, niche blog juga mempengaruhi.
Misal kalau membahas mengenai travel, review, mobil dan sejenisnya pengunjung akan lebih memilih iklan gambar. Sedangkan kalau blog yang membahas mengenai pendidikan maka akan lebih baik memakai iklan jenis teks.

18. Gunakan jenis iklan asynchrone

Iklan jenis asynchrone ini memang sudah saya singgung pada bahasan sebelumnya. Jadi intinya iklan adsense itu terdiri dari dua jenis yaitu iklan asynchrone dengan iklan synchrone. Keduanya memiliki perbedaan dari pemuatan atau loading. Yang mana kalo synchrone itu butuh waktu untuk meload, sedangkan iklan asynchrone tidak. Jadi bisa dipastikan ini bisa meningkatkan klik iklan adsense.
Karena pada dasarnya, iklan jenis asynchrone ini akan dilewati saat belum tampil iklannya. Namun kalau iklan jenis synchrone ini, akan menunggu sampai iklan tampil sempurna sehingga kita bisa lanjut membaca artikelnya. Jadi iklan synchrone akan membuat blog seakan akan lebih lambat, apalagi kalau memasang iklannya yang berada di laman atas.
Namun iklan jenis responsive semuanya ada pada versi asynchrone. Sehingga hal ini akan lebih baik dalam hal kecepatan sehingga secara tidak langsung akan mampu meningkatkan klik iklan adsense. Namun yang perlu diperhatikan bahwa kode iklan jenis asynchrone ini akan berontak jika dipasang pada template secara langsung. Jadi anda perlu memparsenya terlebih dahulu.
Memang, pengaruh hal ini secara langsung dalam meningkatkan klik iklan adsense ini bisa dibilang kecil. Tapi berdasarkan pertimbangan dengan memperhatikan saran resmi dari adsense dan dari beberapa blog lain, bahwa ini bisa memberikan dampak bagi penghasilan, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya.

19. Gunakan iklan yang memanjang dan besar

meningkatkan klik iklan adsense
Hal ini sudah saya singgung pada poin nomor 16 diatas. Dengan menggunakan iklan yang besar memanjang (horizontalataupun vertikal) dan diletakan di tengah artikel, maka akan berpengaruh dalam meningkatkan klik iklan adsense.
Berdasarkan pengalaman selama ini, saya mempraktikan hal ini, hasilnya bisa dibilang naik tajam dibandingkan hanya menggunakan iklan yang pendek saja. Iklan yang panjang dengan lebar 300 x 600  dan 728 x 90 ini adalah yang paling berhasil dalam meningkatkan klik iklan adsense.
Namun banyak orang yang tidak merekomendasikan hal ini. Karena dikhawatirkan akan terjadi klik tidak valid. Ya misalnya saja saat sedang scroll layar HP tiba tiba jempolnya kepleset. Jadi hal ini sangat perlu anda perhatikan.
Namun sejauh saya menggunakan iklan ukuran ini, tidak diberi peringatan sedikitpun. Selain itu, saat saya tanya kepada salah satu pihak adsense yaitu Mba Crysthila Sujudi saat dulu masih bisa ditanyai langsung, dia mengatakan bahwa iklan seperti itu diperbolehkan.
Jadi karena sudah merasa bahwa hal ini diperbolehkan, maka saya terus menggunakan iklan seperti ini. Dan hasilnya pun cukup memuaskan. Terutama iklan yang berasal dari mobile untuk jenis vertikal. Karena saat menggunakan iklan jenis 300×600, maka iklan bisa tampil 1 layar penuh full tanpa terisi artikel.
Jadi bisa dipastikan keterbacaan dan keterlihatan iklan itu sangat tinggi. Apalagi dipasang ditengah artikel yang mana sudah tampil sempurna.
Apakah anda mau mencobanya memasang iklan jenis ini?

20. Lakukan ekperimen dan saran pengoptimalan adsense

meningkatkan klik iklan adsense
Selalu bereksperimen terhadap iklan adsense anda adalah hal yang terbaik. Saya baca di beberapa blog sebelah, bahwa dia telah melakukan ratusan eksperimen terhadap iklan adsense. Yang mana kesemuanya itu dilakukan dalam rangka meningkatkan klik iklan adsense.
Karena bisa jadi saat anda baca artikel tentang pengoptimalan adsense di blog A lalu diterapkan dan hasilnya tidak bagus. Namun saat menerapkan dari blog B berhasil dengan bagus. Jadi pengaruhnya adalah relativ antara satu blog dengan blog lainnya. Maka alangkah baiknya untuk melakukan eksperimen sendiri, dan lihat mana yang tepat dan paling menghasilkan.
Karena walau eksperimen membuat penghasilan naik turun gak jelas, namun jika sudah menemukan kuncinya, itu akan berdampak positif permanen terhadap blog kita.
Tak hanya melakukan ekperimen saja, mengikuti saran dari adsense adalah adalah hal yang terbaik. Misal blog anda disuruh memasang iklan jenis reponsive, maka ikutilah. Jika disuruh menggunakan ukuran 336×280, maka ikuti saja. Dan apabila disuruh menggunakan iklan teks dan gambar atau menggunakan fitur adsense terbaru seperti matched content dan iklan peningkatan laman mobile, maka ikuti saja.
Karena setelah saya mempraktikan apa yang disarankan oleh google adsense, saya pun sering mendapatkan penghasilan adsense yang lebih besar. Bahkan bisa melebihi apa yang di perkirakan oleh adsense.
Nah itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tips meningkatkan klik iklan adsense. Jadi anda bisa mencobanya mulai saat ini juga. Karena dengan cara inilah, maka anda akan lebih baik dalam penghasilan adsense. Jadi yang belum PO sebulan sekali, maka diharapkan bisa PO sebulan sekali, bagi yang PO sedikit jadi banyak dan yang sudah banyak biar tambah banyak lagi.
Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share artikel ini jika anda peduli dengan orang lain. Terima kasih.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages