Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Tuesday, 4 September 2018

Contoh Format Buku Agenda Tunggal, Berpasangan, dan Kembar



Defenisi buku agenda 

Dalam bidang kearsipan buku agenda adalah buku yang digunakan untuk mencatat data surat masuk dan surat keluar. 

Ada perbedaan sebutan, buku yang mencatat surat masuk disebut dengan buku agenda surat masuk. Orang yang mencatat surat masuk disebut dengan agendaris. Sedangkan, buku yang mencatat surat keluar disebut dengan buku agenda surat keluar (verbal). Orang yang bertugas mencatat surat keluar disebut dengan verbalis. 

Namun, hal seperti itu hanya terjadi di kantor yang sudah sangat besar dan mengurus surat masuk dan surat keluar yang sangat banyak. Biasanya mereka menggunakan buku agenda kembar. 
Pada umumnya, pegawai kantor hanya menyebut petugas yang mencatat surat masuk atau surat keluar dengan sebutan agendaris saja. Orangnyapun satu saja, dia yang mencatat data surat masuk, dia juga yang mencatat data surat keluar.

Macam-macam buku agenda

1. Buku agenda tunggal


Contoh Format Buku Agenda Tunggal
Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar

Buku agenda tunggal adalah buku yang digunakan untuk mencatat data surat masuk dan surat keluar pada buku yang sama secara berurutan.



Pada buku ini pencatatan data surat masuk dan data surat keluar dilakukan berurutan pada kolom yang sama. Pembedanya hanyalah pada kode, M = menyatakan surat masuk, dan K = menyatakan surat keluar. 

Buku ini biasanya digunakan pada kantor-kantor kecil yang lalu lintas suratnya tidak begitu banyak. Bahkan, pada saat ini buku ini sudah jarang digunakan, karena pencatatanya yang bercampur aduk antara surat masuk dan surat keluar menyebabkan kesulitan dalam menemukan data surat yang dimaksud pada masa yang akan datang.

2. Buku agenda berpasangan



Contoh Format Buku Agenda Berpasangan

Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar

Buku agenda berpasangan adalah buku yang digunakan untuk mencatat data surat masuk dan surat keluar pada buku yang sama. Data surat masuk biasanya dicatat pada bagian sebelah kiri buku, sedangkan pencatatan data surat keluar pada bagian sebelah kanan buku.


Buku ini biasanya digunakan pada kantor yang lalu lintas surat masuk dan surat keluarnya sudah lumayan sibuk. Jika pada masa yang akan datang kita membutuhkan data surat masuk/keluar maka kita lebih mudah untuk menemukannya karena pencatatan data surat masuk dan surat keluarnya terpisah. 

3. Buku agenda kembar

Contoh Format Buku Agenda Kembar
Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar
Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar

Buku agenda kembar adalah dua buah buku yang digunakan untuk mencatat data surat masuk dan surat keluar. Satu buah buku khusus untuk mencatat data surat masuk – petugas pencatatnya bernama agendaris; dan satu buku lagi khusus untuk mencatat data surat keluar – petugas pencatatnya disebut verbalis

Buku ini biasanya digunakan pada kantor yang lalu lintas surat masuk dan surat keluarnya sangat sibuk. Jika pada masa yang akan datang kita membutuhkan data surat masuk/keluar maka kita lebih mudah untuk menemukannya karena pencatatan data surat masuk dan surat keluarnya terpisah pada buku yang berbeda.


Nah, Sahabat Populer, itulah contoh format tiga buku agenda. Sejauh yang kami tahu buku ini tidak dijual ditoko buku. Biasanya petugas agendaris membeli buku tebal yang berukuran besar untuk dijadikan buku agenda. Sebelum digunakan biasanya buku tersebut digaris-garis, dibuatkan formatnya sesuai dengan kebutuhan. 

Jangan lupa share jika Anda suka tulisan ini. Berikan komentar jika ada yang salah dalam pembahasan kami. 
loading...
PopCash.net
loading...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages