Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Sunday, 2 September 2018

Perbedaan pendidikan dan pengajaran

10 Perbedaan pendidikan dan pengajaran

1.Perbedaanantarapengajarandanpendidikan 

Pengajaran : Lebih menekankan pada penguasaan wawasan dan pengetahuan tentang bidang atau program tertentu, seperti agama dan kesehatan; memakan waktu yang relatif pendek; metode lebih bersifat rasional, teknik praktis; hanya mengusahakan isi.


Pendidkan : Lebih menekankan pada pembentukan manusia ( penanaman sikap dan nilai-nilai ); memakan waktu relatif panjang; metode lebih bersifat psikologis dan pendekatan manusiawi; membutuhkan wadah menetap, meskipun isi bervariasi dan berubah.


Contoh : dalam “pendidikan agama” di sekolah banyak yang bergeser menjadi “pengajaran agama” karena “pengetahuan tentang agama” lebih ditekankan dari pada “penanaman jiwa atau sikap keagamaan”. Akibatnya, murid tahu banyak tentang agama tetapi apa yang diketahui dan dipahaminya tidak mewarnai tingkah lakunya.
Jadi pada intinya pengajaran dapat dibedakan dari pendidikan, tetapi sulit dipisahkan masing-masing saling mengisi. Pembedaan dilakukan hanya untuk kepentingan analisis.


2. Pengajaran lebih menekankan pada penguasaan wawasan dan pengetauan tentang bidang/program tertentu,misalnya kesehatan,keterampilan.pengajaran lebih bersifat kognitif dan afektif.sedangkan pendidikan lebih menekankan pada pembentukanmanusianya(penanaman sikapdannilai-nilai)lebihbersifatpsikologis dan bersifat kognektif,afektif,dan psikomotor.


3.Perbedaan pengajaran dan pendidikan adalah:
Pengajaran:
1.hanya mentransfer ilmu pengetahuan
2.menekankan IPTEK dan SKILL
3.memiliki batasan waktu
4.hanya menitikberatkan pada isi dari metode pangajaran

Pendidikan:
1.mengajarkan tentang segala nilai kehidupan
2.tidak memiliki batasan waktu dalam belajar
3. mengajarkan kematangan mental seseorang.
4. pendidikan itu berbeda dengan pengajaran.Didalam pendidikan prosesnya tidak hanya sekedar pentransferan ilmu semata,namun ada proses penggalian potensi,peningkatan diri menuju kedewasaan mental serta bimbingan dari seorang guru.Sehingga bukan hanya ilmu yang didapat melainkan budi pekerti.


5. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar   dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara sedangkan Pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga diartikan sebagi interaksi belajar dan mengajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa.


6. Pengajaran khusus ditujukan pada akal. Oleh karena itu mudah dan straight forward. Sedangkan pendidikan adalah pembinaan insan yang tidak saja melibatkan perkara fisik dan mental tetapi juga hati dan nafsu karena sesungguhnya yang dididik adalah hati dan nafsu. Oleh karena itu pendidikan lebih rumit dan susah.


7. Pengajaran adalah proses belajar atau proses menuntut ilmu. Ada dosen, guru, ustadz yang mengajar atau menyampaikan ilmu kepada murid yang belajar. Hasilnya murid menjadi pandai, dan berilmu pengetahuan (‘alim). Pendidikan adalah proses mendidik yang melibatkan penerapan nilai-nilai. Di dalam pendidikan terdapat proses pemahaman, penghayatan, penjiwaan, dan pengamalan. Ilmu yang telah diperoleh terutama ilmu agama dicoba untuk difahami dan di hayati hingga tertanam dalam hati dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain pendidikan menyangkut tentang akhlak.


8. Pengajaran tanpa pendidikan akan menghasilkan masyarakat yang pandai tetapi rusak akhlaknya atau jahat. Masyarakat akan maju di berbagai bidang dan kemewahan timbul dimana-mana tetapi akan timbul hasad dengki dimana-mana karena jiwa tiap insannya tidak hidup. Manusia menjadi individual, tidak berkasih sayang, dan kemanusiaan musnah. Manusia berubah identitas. Fisiknya saja manusia tetapi perangainya seperti setan dan hewan.
Sebaliknya mendidik saja tanpa memberi ilmu akan menghasilkan individu yang baik tetapi tidak berguna di tengah masyarakat. Mendidik tanpa ilmu menyebabkan insan mempunyai jiwa yang hidup tetapi tidak ada ilmu untuk dijadikan panduan.


9.Pendidikan
Pendidikan merupakan upaya nyata untuk memfasilitasi individu lain, dalam mencapai kemandirianserta    kematangan     mentalnya        sehingga           dapat    survive didalam kompetisi      kehidupannya.
Pendidikan adalah pengaruh bimbingan dan arahan dari orang dewasa kepada orang lain, untuk menuju kearah kedewasaan, kemandirian serta kematanganmentalnya.

Pendidikan merupakan aktivitas untuk melayani orang lain dalam mengeksplorasi segenap potensi dirinya, sehingga terjadi proses perkembangan kemanusiaannya agar mampu berkompetisi di dalam lingkup kehidupannya (Insan Cerdas dan Kompetitif).

Pengajaran
Aktivitas nyata mengajarkan (transfer knowledge) pengetahuan, teknologi dan ketrampilan serta meningkat kecerdasan dan pengendalian emosinya sehingga seseorang mampu survive di dalam kehidupannya.


10. Pendidikan merupakan Aktifitas pengembangan diri melalui pengalaman, bertumpu pada kemampuan diri belajar di bawah bimbingan pengajar sedangkan pengajaran merupakan Aktifitas mengarahkan, memberikan kemudahan bagaimana cara menemukan sesuatu berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh pelajar.akhlaknya menjadi lebih baik.Didalam pendidikan mencakup beberapa aspek yaitu:kompetisi,afeksi,kogensi dan psychmotor.Sedangkan dalam pengajaran hanya pentransferan ilmu saja sehingga tidak ada kewajiban seorang pengajar untuk memperbaiki akhlak peserta didik,sehingga apabila seseorang telah mendapat suatu ilmu maka tugas seorang guru telah selesai.Dalam pengajaran hanya ada 3 aspek yaitu: kompetensi,afeksi dan kogensi,sedagkan aspek psychmotornya diserahkan kepada peserta didik untuk dikembangkan sendiri,melalui orang lain seperti orangtua.

loading...
PopCash.net
loading...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages