Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Monday, 15 October 2018

Pengertian & Arti Definisi Ketahanan Nasional Bangsa Negara indonesia

Hasil gambar untuk Pengertian & Arti Definisi Ketahanan Nasional

1, ketahanan nasional
Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

2,Jenis pertahanan
Pertahanan militer untuk menghadapi ancaman militer, dan
Pertahanan nonmiliter/nirmiliter untuk menghadapi ancaman nonmiliter/nirmiliter.

3,Komponen pertahanan
Di Indonesia, sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan Tentara Nasional Indonesia sebagai "komponen utama" dengan didukung oleh "komponen cadangan" dan "komponen pendukung". Sistem Pertahanan Negara dalam menghadapi ancaman nonmiliter menempatkan lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan sebagai unsur utama, sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi dengan didukung oleh unsur unsur lain dari kekuatan bangsa.

a.Komponen utama[sunting | sunting sumber]
"Komponen utama" adalah Tentara Nasional Indonesia, yang siap digunakan untuk melaksanakan tugas tugas pertahanan.

b.Komponen cadangan[sunting | sunting sumber]
"Komponen cadangan" (Komcad) adalah "sumber daya nasional" yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

c.Komponen pendukung[sunting | sunting sumber]
"Komponen pendukung" adalah "sumber daya nasional" yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan. Komponen pendukung tidak membentuk kekuatan nyata untuk perlawanan fisik.

"Sumber daya nasional" terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber daya buatan. Sumber daya nasional yang dapat dimobilisasi dan didemobilisasi terdiri dari sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang mencakup berbagai cadangan materiil strategis, faktor geografi dan lingkungan, sarana dan prasarana di darat, di perairan maupun di udara dengan segenap unsur perlengkapannya dengan atau tanpa modifikasi.

Ancaman narkoba bagi ketahanan nasional indonesia

Penyalah gunaan narkoba kini kian merebah di seluruh kalangan masyarakat tak terkecuali bagi pelajar kususnya mahasiswa. Tetntu akan berdampak buruk bagi generasi  muda bangsa indonesia yang seharusnya menjadi genereasi penerus yang berprestasi agar indonesia menjadi bangsa yang hebat. Lalu bagaimana kedepan jika generasi muda indonesia diracuni oleh narkoba?
Dari situ, ita dapat menyimpulkan bahwa narkoba dapat menjadi ancaman serius bagi ketahan tubuh sipengguna juga ancaman bagi ketahan negara indonesia dari dalam sendiri.
Pengertian Narkoba| Narkoba atau narkotika dan obat-obatan berbahaya adalah bahan kimia baik sintetik ataupun organik yang merusak kerja saraf. Pengertian narkoba oleh kementerian kesehatan diartikan sebagai NAPZA. Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Narkoba dapat menyebabkan ketagihan, terganggu pada bagian saraf dan atau mampu tidak sadarkan diri.

Hubungan narkoba dengan ketahanan negara

Di saat negara negara konflik gencar melakukan serangan yang dapat menghancurkan ketahanan negara mereka di indonesia ancaman itu justru datang dari dalam negara kita sendiri. Narkoba menjadi ancaman yang serius bahkan lebih serius dari anaman teroris di indonesia.
                Letak indonesia yang strategis menjadi sasaran empuk para pengedar internasional untuk menjajakannya di indonesia. Dan itu dengan mudah masuk ke indonesia. Fakta akhir akhir ini menunjukan bawha pabrik ekstasi di cikande, banten dan di batam hingga rutan an lapas yang dijadikan penjara pun dengan leluasa dapat memproduksi narkoba hingga mengedarkan ke jaringan dunia tanpa diketahui sebelumnya. Maraknya narkoba juga merebak di kalangan pelajar. Seorang pelajar di lampung harus mengikuti ujian nasional di tahanan dikarenakan kedapatan menggunakan barang haram itu dipernukitan di tanjung karang barat. Dan eronisnya ia merupakan siswa dari sekolah favorit di bandar lampung.

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap Kesehatan Fisik
  1. Gangguan kesehatan pada system syaraf (neurologis) seperti contohnya : kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.
  2. Gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti contohnya : infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
  3. Gangguan kesehatan pada kulit (dermatologis) seperti contohnya : penanahan (abses), alergi, eksim.
  4. Gangguan kesehatan pada paru-paru (pulmoner) seperti contohnya : penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
  5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.
  6. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan pada endokrin, seperti halnya : penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
  7. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
  8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya.
  9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.
Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap Psikis Mental Emosional
  1. Malas serta lamban dalam bekerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah dalam menjalankan pekerjaannya.
  2. Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik.
  3. Hilangnya rasa kepercayaan diri, menjadi lebih apatis, sering berkhayal, penuh perasaan curiga.
  4. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal yang tidak disadarinya.
  5. Sulit untuk berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan depresi.
  6. Menyebabkan depresi mental.
  7. Akan menjadi cenderung untuk menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan keinginan untuk bunuh diri
  8. Menyebabkan melakukan tindak kejahatan, kekerasan dan pengrusakan.
Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap lingkungan kehidupan sosial masyarakat :
  1. Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal.
  2. Merepotkan dan menjadi beban keluarganya itu sendiri.
  3. Pendidikan menjadi terganggus erta masa depan suram dan kelam bila tidak segera dilakukan penanganan pencegahan penyalahgunaan narkoba itu sendiri.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages