Waktu demikian cepat berubah,karena itu Manusia harus mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak perubahan jaman

Breaking

Post Top Ad

Monday, 15 October 2018

TAWURAN PELAJAR


Apa yang kalian lihat dari gambar di atas?. Tentu yang kalian lihat dari gambar di atas adalah segerombol pelajar yang sedang berkelahi saling melempar batu. Perkelahian tersebut sering disebut dengan tawuran. Dewasa ini,sering terjadi tawuran antar pelajar. Mulai dari anak SD,SMP,SMA,bahkan berlanjut ke jenjang mahasiswa. Entah apa yang ada di pikiran mereka. Tawuran sudah menjadi budaya pelajar masa kini. Seakan tidak ada henti hentinya, tawuran bisa dengan mudah di temui di mana mana. Sering kita jumpai di jalanan. dan itu sangat mengganggu bagi pengguna jalan yang lewat di situ. Dari situ akan menimbulkan kemacetan. Kalau sudah begitu, semua orang merasakan dampaknya. Tawuran bisa saja terjadi hanya karena hal spele. Mulai dari bersenggolan, adu mulut,berebut pacar,bahkan dari bercanda yang membuat pihak lawan tersinggungpun dapat memicu adanya tawuran. Selama dalam tawuran tersebut terjadi korban, maka akan berlanjut. Bahkan tecipta musuh bebuyutan yang tak akan pernah damai.


 

Bila dilihat dari dampak atau risiko dari tawuran:

  • Korban jiwa maupun luka: korban tentu ada saja terjadi dari sebuah tawuran. Dari korban jiwa maupun luka. Dan selama masih terdapat korban berjatuhan, maka akan terus berlanjut. terjadi balas dendam dari kelompok si korban tersebut.
  • Rusaknya fasilitas umum: Mereka yang terlibat tawuran tentu ada dampak dari itu. Rusaknya fasilitas umum adalah salah satunya. Bila terjadi tawuran di sebuah jalan,maka yang kemungkinan rusak adalah halte bus ataw busway, jembatan penyeberangan,pembatas jalan,bahkan pengendara bermotor yang lewat di area tersebut kerap menjadi sasaran.
  • Menurunnya prestasi belajar: Tawuran tentu saja akan berpengaruh terhadap belajar mereka. Mereka tidak konsen belajar sehingga membuat prestasi belajarnya ikut menurun.
  • Prilaku agresif: Berperilaku agresif, mudah marah kepada orang lain adalah dampak dari tawuran tersebut.

Sudahkah kalian memperhatikan dari dampak atau akibat yang terjadi dari aksi tawuran tersebut?. Kita sendiri yang akan merasakan akibat itu. Lalu apa kalian sadar akibat dari aksi itu?. Akankah kalian akan berhenti.? Ayo lah stop aksi kekerasan tersebut. Manfaat apa sih yang di dapat dari tawuran?. 

Lalu ,siapa yang berperan aktif dalam menangani kasus ini?. Orang tua sangat berperan penting dalam hal ini. Di samping itu juga elemen elemen lain semisal sekolah, aparat keamanan dan juga pemerintah. 

Terciptanya suasana harmonis di keluarga mungkin ada kaitanyna dengan mengurangi risiko anak untuk tawuran. kendalanya, banyak orang tua yang tidak memperhatikan kehidupan anaknya.  Mulai dari kecil ajarkanlah kepada anak untuk berperilaku baik,sopan,hormat kepada yang lain. Komunikasi antar keluarga sangatlah penting dalam hal ini. Jadi, orang tua dapat mengetahui hal apa sajakah yang selama ini anaknya lakukan di luar jam sekolah. Tumbuhkan rasa saling sayang diantara manusia mulai dari diri sendiri. Tak lupa mengenalkan agama kepada anak sedari dini. Seperti yang kita ketahui, agama sangatlah melarang umatnya untuk berkelahi. Hidup rukun adalah dambaan setiap manusia. 

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages